DSC_0346

Berkat pertolongan Tuhan Yesus, pada hari Rabu, 11/12/2013, Gereja Injili Kasih Indonesia (GIKI) MP Sumut memberikan sumbangan untuk pengungsi di desa Tiga Binangan. Pengungsi yang berada di desa Tiga Binanga merupakan warga masyarakat dari  dua desa, yakni desa Tiga Nderket dan Mardinding yang merupakan bagian dari daerah korban bencana letusan gunung Sinabung.

Sesuai dengan informasi yang diterima dari Kepala Desa Tiga Nderker, Kepala Desa Mardinding dan panitia setempat,  sembako menjadi bahan kebutuhan utama untuk para pengungsi. Dan sehari sebelumnya beberapa hamba Tuhan telah sibuk untuk mempersiapkan sembako tersebut. Diberitakan juga para pengungsi sangat membutuhkan sayur-sayuran maka dari itu telah dipersiapkan beberapa jenis sayuran, seperti sayur pahit, buncis, jipang, cabai dan kentang. Tak ketinggalan juga bahan kebutuhan lainnya seperti beras, gula, roti, ikan Teri,  ikan kaleng, minyak makan dan telur.

DSC_0297

Sesuai kesepakatan bersama, para hamba Tuhan dan jemaat akan berkumpul di GIKI Kabanjahe, jalan Perwira No. 5. Tepat pukul 10.00 WIB semua para hamba Tuhan beserta sebuah truk pembawa sembako berangkat menuju ke desa Tiga Binanga. Dengan menumpuh waktu satu setangah jam, rombongan tiba di Tiga Binanga.

Setibanya di lokasi pengungsian kami disambut oleh Kepala Desa Tiga Nderker, Kepala Desa Mardinding dan panitia setempat dengan penuh suka cita. Kami pun dibawa ke jambur pajak buah dan diharuskan untuk melapor ke meja panitia dan semua sembako yang akan disumbangkan harus didata kembali.

Sebagai simbolis, sumbangan tersebut diserahkan oleh Pdt Emmy Tobing sebagai perwakilan Sinode dan Pdt Joni Sembiring selaku Ketua MP Sumut dan diterima oleh Kepala Desa Tiga Nderker, Sukanta Ginting dan Kepala Desa Mardinding, Johanta ikut beserta panitia setempat.

DSC_0302

Tak hanya sembako yang dibagaikan tetapi firman Tuhan ikut  ditaburkan yang dibawakan Pdt Joni Sembiring. Dalam waktu yang cukup singkat, hamba Tuhan ini memaparkan beberapa point untuk menguatkan para pengungsi, yaitu intropeksi diri, berharap dan selalu berdoa kepada Tuhan.

Sumbangan sembako dari lapisan masyarakat sangat banyak namun kondisi pengungi sangat memprihatinkan. Dari salah satu seorang pengungsi menyebutkan bahwa meraka telah mengungsi di Tiga Binanga selama 3 minggu. Selain mereka tak bisa bekerja hidup di kampung orang bukan hal yang mudah.

Kiranya, bencana letusan gunung Sinabung segera berakhir. Doa merupakan bentuk solidaritas yang paling sederhana namun memiliki pengaruh yang besar. Jadi, ayo anak-anak Tuhan untuk selalu menyertakan Pemulihan untuk Tanah Karo didalam setiap doa kita. Tuhan Yesus memberkati.

DSC_0391